Survei: Mahfud MD capres idola nahdliyin

hasil survei pw ikatan sarjana nahdlatul ulama jawa timur (jatim) bersama lembaga survei suprimasi melaporkan mantan ketua mk mahfud md adalah calon presiden idola bagi nahdliyin jatim.

kami bertanya kepada 1.238 responden dan dijalani secara proporsional melalui metode terbuka, oleh karenanya tercatat 26 calon presiden dan disodorkan responden, papar wakil sekretaris isnu jatim faza dhora nailufar, dalam surabaya, minggu.

didampingi wakil ketua pw isnu jatim imam syafii, dhora dan dan kepala laboratorium ilmu politik universitas brawijaya malang menunjukan hasil survei menunjukkan ada lima nama yang membeli dukungan lebih daripada tiga persen.

mahfud md 21,08 persen, jokowi 12,76 persen, prabowo 11,15 persen, dahlan iskan 6,7 persen, serta arb 5,33 persen, sedangkan nama lain selama bawah tiga persen, selama antaranya jusuf kalla, anas urbaningrum, mohammad nuh, ahmad dani, saifullah yusuf, dan sebagainya, ujarnya.

Informasi Lainnya:

menurut dia, hasil survei itu akan diserahkan isnu terhadap pwnu jatim juga pbnu. ibaratnya, apabila nu pada ini mencari suara langit ataupun istikhoroh pada pemilihan kepala daerah, isnu melengkapi dengan suara bumi serta survei, katanya.

ditanya alasan nama mahfud md menduduki posisi teratas pada kalangan nahdliyin, ia menyatakan alasan responden umumnya menyebut mahfud md dijadikan sosok dan tegas dan objektif selama bertindak, meski banyak beberapa pihak yang menentangnya.

alasan dan terekam adalah 36 persen ketegasan, 31 persen bersih dan jujur, 15 persen pengalaman dalam pemerintahan, empat persen adalah kader nu, serta 14 persen agar alasan lain.

yang baik, arb tidak dijalani sama sekali di sidoarjo. bisa saja hal itu akibat lumpur lapindo, namun dan menarik merupakan banyak penduduk nu yang tak terkena dampak lumpur lapindo selama porong, sidoarjo, namun mereka mempunyai solidaritas dan tinggi pada korban lumpur, ujarnya.

meski ditanya tentang figur capres, ujarnya, pilihan nahliyin mencari melalui menggandengkan melalui figur lain, pada antaranya 29 daripada 261 responden dan bekerja sama dengan mahfud md menggandengkan melalui figur lain untuk cawapres.

sebanyak 20 daripada 83 responden dan mencari dahlan iskan memasangkannya dengan figur lain, seperti jokowi serta mahfud md, sementara 20 daripada 158 responden dan bekerja sama dengan jokowi dan memasangkan melalui figur lain, katanya.

untuk peta objek wisata pemilih/responden, ia menyatakan kebanyakan daripada 38 kabupaten/kota selama jatim bekerja sama dengan mahfud md, tapi kebanyakan dukungan supaya mahfud md dari pemilih banyuwangi, sedangkan mayoritas pemilih jokowi ada pada lumajang, pasuruan, serta pamekasan. untuk arb, mayoritas pendukung daripada pasuruan dan jember.