Jalur Ngawi-Solo macet akibat antre solar

sejumlah titik pada jalur jalan raya ngawi-solo, kabupaten ngawi, jawa timur, mengalami kemacetan akibat tertutup kendaraan dan tengah mengantre solar bersubsidi pada stasiun pengisian bahan bakar publik (spbu) setempat di juma sore.

kemacetan didominasi oleh mobil besar semisal bus dan truk dan mengular hingga mencapai lima kilometer lebih. kaum petani dengan membawa jerigennya juga kendaraan pribadi yang berbahan bakar solar serta ikut mengantre.

petugas spbu selama jalan raya ngawi-solo, desa sidowayah, kedunggalar, ngawi, agus, jumat petang menungkapkan, bbm bersubsidi jenis solar besar dicari sejak sepekan terakhir.

pasokan solar daripada pertamina memang dibatasi. biasanya dapat dikirim 16 kilo liter setiap kali do, kini cuma tinggal setengahnya. efek sampingnya solar sulit dicari dan dalam ngantre, katanya kepada wartawan.

Informasi Lainnya:

guna mengurai kemacetan dalam jalur antarprovinsi tersebut, petugas satuan 2012 lintas polres ngawi terpaksa memberlakukan sistem kunjungi dan tutup jalan.

polisi serta menawarkan sederat jalur pilihan kepada kendaraan pribadi daripada arah solo yang akan menuju madiun juga magetan agar mengurangi kemancetan.

kemacetan terjadi sebab keberadaan antrean mobil solar pada spbu dan baru saja menerima pasokan daripada pertamina. macet telah terjadi sejak pagi, beruntung kini sudah dapat diatasi dengan sistem kunjungi tutup juga tutup jalan serta jalur solusi, ujar kepala satuan lalu lintas polres ngawi, akp gatut wibowo.

hal serupa juga terjadi dalam sederat spbu selama kabupaten madiun. antrean sampai mengakibatkan kemacetan kemarin lintas terjadi selama spbu sangen, geger, yang terdapat di jalan raya madiun-ponorogo juga spbu klitik, wonoasri, yang berada selama jalan raya madiun-surabaya.

kapolres madiun akbp yusuf, menyampaikan, pihaknya sudah menugaskan anggotanya supaya mengatur arus kemarin lintas supaya antrean kendaraan pada spbu tersebut tak memesan macet.

kami serta menempatkan sederat personel agar mengamankan spbu guna menghindari keributan yang bisa saja terjadi saat antre solar. masing-masing spbu dan rawan mau dijaga tiga hingga empat personel, kata akbp yusuf.

menurut dia, penjagaan ingin dilaksanakan sampai batas masa dan belum ditetapkan. tergantung dari situasi selama lapangan dan kebijakan pemerintah pusat terkait pendistribusian bbm bersubsidi itu.

seperti digemari, kuota solar bersubsidi tahun ini dipastikan berkurang dari tahun sebelumnya akibat menyesuaikan kuota bbm subsidi yang telah ditetapkan selama apbn 2013. supaya wilayah jawa timur, kuota solar bersubsidi tahun 2013 cuma sebesar 1,91 juta kilo liter (kl). angka tersebut lebih rendah dari realisasi tahun kemarin sebesar 2,08 juta kl.

demikian serta, pas penugasan pemerintah, kuota solar bersubsidi dan menjadi tanggung jawab pertamina tahun ini lebih rendah 8,3 persen dibandingkan melalui realisasi penyaluran tahun kemarin. secara nasional, kuota solar bersubsidi tahun lalu sebesar 15,56 juta kl, turun merupakan 14,28 juta kl dalam 2013 ini.