DPR ikuti pertemuan perangi korupsi di Meksiko

delegasi dpr-ri ingin memenuhi pertemuan tahunan pimpinan parlemen negara-negara anggota g-20 pada meksiko dan membicarakan isu menanggulangi korupsi.

isu (memerangi korupsi) itu adalah salah Satu jadwal bermanfaat pertemuan pimpinan parlemen bertajuk `the 4th meeting of g-20 speakers consultation forum` dan berlangsung selama mexico city, selama 3--5 april 2013, tutur wakil ketua dpr koordinator ekonomi serta keuangan (korekku) mohamad sohibul iman selama jakarta, selasa.

dalam penjelasan melalui tenaga ahli media wakil ketua dpr korekku h muarif, ia menunjukan selain sohibul iman, delegasi dpr-ri dan hadir merupakan ketua badan kerja sama antar-parlemen (bksap) dr kh surahman hidayat, m.a, juga wakil ketua bksap hayono isman.

kami akan bahas isu perang melawan korupsi bersama pimpinan parlemen daripada negara-negara anggota g-20, termasuk isu berguna lainnya semisal reformasi sistem keuangan, ketahanan pangan, sampai persoalan lingkungan hidup, ujarnya.

ia menjelaskan, pertemuan pimpinan parlemen negara-negara anggota g-20 adalah agenda tahunan yang telah diikuti indonesia dari pertama kali diadakan pada 2010.

Yang Lain: Dealer Honda Jakarta - Dealer Honda Jakarta - Harga dan Informasi Mobil Honda

disebutkan kiranya sejak pertama kali diadakan pada ottawa, kanada tahun 2010, kemudian seoul, korsel dalam 2011 serta riyadh, saudi arabia selama lalu, indonesia selalu berpartisipasi aktif.

selain membahas berbagai persoalan itu, kata dia, dijadwalkan pula delegasi indonesia bakal mengadakan pembahasan bilateral melalui delegasi meksiko juga rusia.

pembicaraan itu menjadi penting karena selain tuan rumah, tahun kemarin meksiko menjadi ketua g-20. sementara, melalui delegasi rusia kita perlu adakan pertemuan mengingat tahun 2013 ini rusia adalah ketua g-20, katanya seraya menyebut kedua pertemuan tersebut dilakukan di sela-sela persidangan.

sohibul yakin, indonesia bakal banyak mengambil manfaat daripada seluruh isu yang dibahas pimpinan parlemen negara-negara g-20.

apalagi, papar dia, pertemuan itu dijadwalkan akan diikuti pula dengan delegasi parlemen eropa serta presiden parlemen dunia (ipu) abdulwahad radi.

ia menambahkan, sebagaimana pertemuan-pertemuan sebelumnya, pertemuan dalam mexico city itu bakal diakhiri dengan pernyataan bersama pimpinan parlemen negara-negara anggota g-20.