Pangdam XVII Cendrawasih: perayaan 1 Mei dipusatkan di Sorong

perayaan 1 mei ataupun hari kembalinya papua ke pangkuan nkri (negara kesatuan republik indonesia) rencananya hendak dipusatkan di wilayah sorong, papua barat. demikian dilontarkan pangdam xvii/cenderawasih mayjen tni christian zebua pada wartawan, jumat selama sentani.

seluruh papua dicari mampu merayakannya, ujar pangdam.

pangdam menjelaskan perayaan 1 mei kali ini berpusat dalam sorong sebab berdasarkan sejarah, tentara indonesia mulai mengusir penjajah diawali di wilayah sorong.

nah akhirnya diputuskan mau dirayakan lumayan besar-besaran dalam sorong, tegasnya.

Informasi Lainnya:

ia menungkapkan perayaan 1 mei dalam sorong ini mau dilaksanakan oleh gubernur papua barat beserta perangkatnya dibantu dengan jajaran tni.

bisa jadi tahun depan ingin digelar pula pada jayapura, itu tidak menutup kemungkinan, urainya.

pangdam menambahkan perayaan kembali papua ke pangkuan nkri ini akan dilaksanakan secara bergantian selama beberapa wilayah dalam papua maupun dalam papua barat.

perayaan kembalinya papua ke pangkuan nkri yang jatuh di tanggal 1 mei tersebut, biasanya daripada tahun ke tahun dirayakan secara besar-besaran oleh tni dibantu melalui pemerintah daerah setempat.

hal ini dibuat supaya warga mengingat tinggal jasa-jasa pahlawan dan telah mengorbankan nyawanya untuk merebut kemerdekaan dan ketika ini dinikmati warga luas dalam bumi cenderawasih.