Survei: elektabilitas Bima Arya masuk tiga besar

survei pertama untuk pilkada kota bogor 2013 dan diselenggarakan lembaga smart-pol menempatkan ketua dpp partai amanat nasional bima arya selama tiga besar selama tingkat elektabilitas ataupun keterpilihan.

dia (bima arya) meraih 6,47 persen, dan masuk tiga sulit dalam tingkat elektabilitasnya, sesudah wakil wali kota bogor ahmad ru`yat dan artis syahrul gunawan, tutur direktur riset smart-pol syahril ilhami selama bogor, jawa barat, jumat sore.

smart-pol merupakan lembaga survei yang bergerak dalam jenis survei, marketing serta politik, pada mana penelitinya sebagian besar adalah mahasiswa pascasarjana institut pertanian bogor.

didampingi direktur politik auhadillah, ketika memaparkan hasil survei pra-pilkada kota bogor 2013--2018, ia menunjukan kiranya dalam rangka menyambut proses demokratisasi yang berlangsung pada kota bogor tersebut, dengan demikian smart-pol melakukan survei pra-pilkada dan dilaksanakan di 22-27 maret 2013.

ia menjelaskan bahwa teknik pengambilan sample mencari probability sampling (multi-stage random sampling.

jumlah responden sebanyak 458 pihak daripada enam kecamatan serta 20 kelurahan se-kota bogor dan diselenggarakan kepada penduduk dari tingkat pendidikan tidak sekolah juga tak tamat sd sampai sarjana.

Lainnya: cincin tunangan murah - perak murah - cincin pasangan murah - cincin pasangan murah

pekerjaan responden mulai daripada petani/nelayan/buruh/tukang/pedagang sampai pelajar/mahasiswa, ibu properti tangga, pegawai juga profesional. sedangkan status ekonomi diambil dari semua strata, mulai kelas bawah, menengah dan atas.

syahril ilhami menunjukan bahwa tokoh dan disurvei meliputi 59 nama, yang didapatkan menurut Informasi juga input daripada publik, tokoh partai, birokrat, public figur serta sumber Informasi yang lain.

menurut dia, banyak tiga kategori yang digarap, yakni popularitas, akseptabilitas (penerimaan/kesukaan) juga elektabilitas.

berdasarkan elektabilitas, dengan begini posisi tiga besar daripada 15 nama yang angkanya 1 persen ke atas, dengan demikian urutannya pertama ditempati wakil wali kota achmad ru`yat (11,69 persen), kedua syahrul gunawan (9,95 persen) serta bima arya (6,47 persen.

popularitas artis

sementara tersebut, untuk kategori popularitas, yang dikerucutkan lagi pada posisi 15 besar, kelompok masyarakat penyanyi menempati posisi teratas.

posisi tiga besar ditempati masing-masing oleh syahrul gunawan (58,46 persen), paranormal ki gendeng pamungkas (43,28 persen), serta ahmad ru`yat (37,81 persen).

untuk tingkat akseptabilitas, posisinya adalah syahrul gunawan (30,10 persen), ahmad ru`yat (22,30 persen) dan ki gendeng pamungkas (14,43 persen).

direktur politik smart-pol auhadillah menambahkan bahwa mereka sudah siap menerima konsekuensi kiranya survei itu ingin ditanggapi beragam, menarik dengan masyarakat maupun bakal calon dan hendak tambah besar.

itu risiko sebuah survei, sehingga jika dituduh ada pesanan pun, kami siap. tapi, kami melakukannya melalui standar survei dan bisa dipertanggungjawabkan, katanya.